Home · Java · PHP · Javascript · APEX · Database · SISKOM · HTML · RPL · Artikel Menarik

Materi APSI (Analisis Perancangan Sistem Informasi) Bonus File PPT

Halo, berikut adalah modul atau materi APSI atau Analisis Perancangan Sistem Informasi yang cukup bagus untuk dipelajari. Modul ini berisi tentang perkembangan sistem informasi, definisi sistem, ilustrasi sistem dan lain-lain yang berhubungan tentang materi dasar pengenalan APSI. Selamat membaca.

Gambar - Materi APSI (Analisis Perancangan Sistem Informasi) Bonus File PPT

Perkembangan SI

  • sekitar tahun 1960an : Tujuan utama sistem informasi pada saat itu adalah untuk melakukan otomatisasi proses bisnis yang berjalan pada organisasi.
  • tahun 1970an, sistem informasi sudah lebih berkembang : fokus utama sistem informasi saat itu adalah penyimpanan dan pengaksesan data. Pada saat itu sistem informasi biasanya masih digunakan pada suatu bagian organisasi, khususnya bagian keuangan.
  • tahun 1980an : Pada periode ini, sistem informasi mulai mengarah ke bentuk client server. Sistem informasi sudah dimanfaatkan pada bermacam-macam bagian organisasi, misalnya bagian keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, dan lain-lain.
  • tahun 1990an, internet berkembang sangat cepat : sistem informasi terintegrasi untuk seluruh organisasi sudah mulai dilakukan-> Web
  • tahun 2000an, sistem informasi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini didorong dengan semakin berkembangan teknologi internet, dengan kapasitas semakin besar dan harga yang semakin murah. Sudah banyak organisasi yang telah mengintegrasikan sistem informasi mereka dengan sistem informasi organisasi lain untuk mendukung kegiatan organisasi tersebut.

Definisi Sistem

Sistem ialah interaksi dari elemen-elemen yang saling berkaitan bekerja sama untuk mencapai tujuan. Elemen-elemen tersebut ialah elemen sistem konvensional (data, manusia dan prosedur) dan elemen sistem modern (data, manusia, prosedur, hardware dan software).

Ilustrasi Sistem  

Gambar Ilustrasi Sistem - Materi APSI (Analisis Perancangan Sistem Informasi) Bonus File PPT
Gambar Ilustrasi Sistem - Materi APSI (Analisis Perancangan Sistem Informasi) Bonus File PPT

Definisi Sistem Informasi

Sistem informasi ialah interaksi antara data, manusia dan prosedur (yang didukung oleh hardware dan software) untuk memberikan suatu penyelesaian berupa informasi yang dapat dipakai untuk mengambil suatu tindakan keputusan selanjutnya baik untuk jangka pendek, menengah atau panjang dalam sebuah organisasi. Dengan kata lain, sistem informasi juga adalah suatu kumpulan dari komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mengelola informasi pada suatu organisasi untuk mendukung kegiatan bisnis organisasi.

Elemen Sistem Informasi

Apa saja elemen-elemen dari sistem informasi ?
  1. User yang menggunakan dan berinteraksi langsung dengan elemen sistem informasi
  2. Sistem Perangkat Keras
  3. Sistem Jaringan Komputer
  4. Sistem Perangkat Lunak (untuk Client maupun server)
  5. Sistem Basis Data
  6. Interaksi Antara Manusia dengan Komputer (Interaksi User dengan komputer)
  7. Prosedur Operasi
  8. Prosedur Pemeliharaan

Contoh SISFO Akademik
Gambar Contoh SISFO Akademik
Gambar Contoh SISFO Akademik
Definisi Pengembangan Sistem Informasi

Pengembangan sistem informasi ialah satu set aktivitas, metode, praktik terbaik, siap dikirimkan, dan peralatan terotomasi yang digunakan oleh  stakeholder untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi dan perangkat lunak.

Tim Pengembang Sistem Informasi


Metodologi Pengembangan Sistem

Terdapat macam-macam representasi metodologi pengembangan sistem, yaitu:
  • Architected Rapid
  • Application Development (Architected RAD)
  • Dynamic Systems Development Methodology (DSDM)
  • Joint Application Development (JAD)
  • Information Engineering (IE)
  • Rapid Application Development (RAD)
  • Rational Unified Process (RUP)
  • Structured Analysis and Design (SAD)
  • eXtreme Programming (XP)
Itulah tadi sekilas materi tentang analisis perancangan sistem informasi atau APSI. Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian. Untuk melihat versi fullnya teman-teman bisa download PPT APSI di bawah.

download PPT APSI

Terima kasih telah berkunjung di blog kami. Jangan lupa follow kami di facebook agar bisa mengikuti perkembangan ilmu tentang dunia IT.


Terima Kasih.

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "Materi APSI (Analisis Perancangan Sistem Informasi) Bonus File PPT"